11 Februari 2009

FILSAFAT ILMU PENDIDIKAN

ILMU PENDIDIKAN SEBAGAI SUATU DISIPLIN ILMU
(Tinjauan Ontologis Dan Epistemologis Ilmu Pendidikan)
Oleh : Mujtahidin, S.Pd.

A. PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
Pendidikan adalah suatu hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia sebab berbicara tentang pendidikan berarti membicarakan hidup dan kehidupan manusia. Sebaliknya, berbicara tentang kehidupan manusia berarti harus mempersoalkan masalah pendidikan, sebab pendidikan dalam makna yang luas berlansung sepanjang hidup manusia. Dengan demikian, berbicara masalah kehidupan manusia adalah persoalan pendidikan. Pendidikan muncul dari memulai sesuatu. Manusia mulai mencoba untuk mendidik diri dan sesamanya dengan sasaran menumbuhkan kesadaran terhadap makna dan hakikat kehidupan ini.
Dalam hal ini, kegiatan pendidikan ditekankan pada materi yang berisi tentang pengetahuan umum baik berupa wawasan asal mula, eksistensi serta tujuan kehidupan. Dengan demikian, pendidikan merupakan suatu disiplin ilmu pengetahuan (Ilmu Pendidikan) yang persoalan khasnya adalah menumbuh-kembangkan potensi manusia menjadi semakin dewasa dan matang. Sebagai suatu disiplin ilmu, maka Ilmu Pendidikan haruslah dapat dibuktikan secara mendasar terhadap eksistensinya sebagai suatu disiplin ilmu. Dalam kajian secara filosofis, untuk dapat membedakan antara Ilmu Pendidikan dengan pengetahuan lainnya yang bukan ilmu, maka Ilmu Pendidikan haruslah memiliki ciri-ciri yang ilmiah, dimana memiliki obyek kajian yang jelas (fakta empiris), menggunakan metode keilmuan yang bersifat rasional (penalaran) dan empiris (eksperimen) serta bagaimana nilai keguanaan Ilmu Pendidikan tersebut.
Induk dari segala ilmu pengetahuan adalah filsafat, sebab segala ilmu pengetahuan lahir dari rahim filsafat. Pada fase awalnya filsafat hanya melahirkan dua ilmu pengetahuan, yakni ilmu-ilmu alam (natural philosophy) dan ilmu-ilmu sosial (moral philosophy) maka dewasa ini terdapat lebih dari 650 cabang keilmuan (Suriasumantri, 2005:92). Hal ini disebabkan oleh berkembangnya kebudayaan dan peradaban manusia dari zaman ke zaman serta kekuatan daya pemikiran manusia yang tidak terbatas terhadap obyek-obyek yang dapat diselidiki dan diamati ada alam semesta ini.
Ilmu merupakan kumpulan pengetahuan yang mempunyai ciri-ciri tertentu yang membedakannya dengan pengetahuan lainnya. Falsafah mempelajari hal ini sedalam-dalamnya dan hasil pengkajiannya merupakan dasar bagi eksistensi ilmu (Suriasumantri, 2003:5). Ciri-ciri keilmuan ini didasarkan pada jawaban yang diberikan pada setiap pembahasan tentang gejala atau obyek suatu ilmu pengetahuan, termasuk di dalamnya Ilmu Pendidikan itu sendiri, yakni sedikitnya pada 3 (tiga) pertanyaan pokok yaitu : (1) apa hakikat gejala/objek itu (landasan ontologis), (2) bagaimana cara mendapatkan atau penggarapan gejala/objek itu (landasan epistemologis), (3) apa manfaat gejala/objek itu (landasan aksiologis).
Tulisan pada makalah ini akan mencoba membahas tentang beberapa hal yang menyangkut 2 (dua) hal dari pernyataan pokok di atas, yakni (1) landasan ontologis Ilmu Pendidikan dan (2) landasan epistemologis Ilmu Pendidikan.

2. Rumusan Masalah
Dari uraian di atas maka dalam makalah ini akan di batasi pembahasan pada 2 (dua) masalah yang dapat dirumuskan sebagai berikut :
a. Apakah hakikat subsatansi/ obyek kajian Ilmu Pendidikan? (landasan ontologis Ilmu Pendidikan)
b. Bagaimana cara penggarapan objek Ilmu Pendidikan tersebut menjadi pengetahuan yang benar? (landasan epistemologis Ilmu Pendidikan)

B. PEMBAHASAN
1. Landasan Ontologis Ilmu Pendidikan
Dasar ontologi ilmu berkaitan dengan apa yang ingin diketahui oleh ilmu atau dengan kata lain apa yang menjadi bidang telaah ilmu. Berbeda dengan agama maupun pengetahuan lainnya, obyek yang menjadi kajian ilmu adalah fakta empiris. Fakta Empiris artinya fakta yang dapat diselami lansung oleh manusia dengan mempergunakan panca indranya. Obyek penelaahan ilmu mencakup seluruh aspek kehidupan yang dapat diuji oleh pancaindra manusia (dunia empiris). Proses keilmuan bertujuan untuk memeras hakikat obyek empiris tertentu, untuk mendapatkan sari yang berupa pengetahuan mengenai obyek tersebut (Suriasumantri, 2003:5-6).
Dengan demikian maka landasan ontologis Ilmu Pendidikan adalah menyangkut hakikat substansi/ obyek kajian Ilmu Pendidikan sebagai pengetahuan keilmuan.
a. Hakikat substansi/ obyek Ilmu Pendidikan
Adapun aspek realitas yang dijangkau Ilmu Pendidikan melalui pengalaman pancaindra adalah dunia pengalaman manusia secara empiris. Ditinjau dari fungsinya, obyek Ilmu Pendidikan dapat dibedakan menjadi 2 (dua), yaitu obyek formal dan obyek material, yang dapat diuraikan sebagai berikut :
1) Obyek formal Ilmu Pendidikan
Obyek formal merupakan bidang yang menjadi keseluruhan ruang lingkup garapan riset pendidikan. Obyek formal Ilmu Pendidikan adalah pendidikan. Pendidikan disini dalam arti yang maha luas, sempit, maupun dalam pengertian luas terbatas. Pengertian pendidikan tersebut dapat diuraikan sebagai berikut:
a) Dalam Pengertian maha luas, pendidikan sama dengan hidup. Pendidikan adalah segala situasi dalam hidup yang memengaruhi pertumbuhan sesorang. Pendidikan adalah pengalaman belajar, sehingga pendidikan daat pula didefinisikan sebagai keseluruhan pengalaman belajar setiap orang sepanjang hidupnya. Pendidikan berlansung tidak dalam batas usia tertentu, tetapi berlansung sejak manusia itu lahir sampai mati.
b) Dalam pengertian sempit, pendidikan adalah sekolah, yakni lembaga pendidikan sebagai salah satu hasil rekayasa dari peradaban manusia. Pendidikan tidaklah berlansung seumur hidup, melainkan dalam jangka waktu terbatas. Keterbatasan ini juga tidak hanya menyangkut keterbatasan waktu, tetapi juga tempat, bentuk kegiatan dan tujuan.
c) Dalam pengertian luas terbatas, pendidikan merupakan berbagai macam pengalaman belajar dalam keseluruhan lingkup kehidupan, baik di sekolah, maupun di luar sekolah, yang sengaja dilakukan untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu.
2) Obyek material Ilmu Pendidikan
Obyek material merupakan hal-hal atau aspek-aspek yang menjadi garapan lansung riset pendidikan. Menurut Heryanto (2002) objek material Ilmu Pendidikan ialah manusia seutuhnya, manusia yang lengkap aspek-aspek kepribadiannya, yaitu manusia yang berakhlak mulia dalam situasi pendidikan atau diharapkan melampaui manusia sebagai makhluk sosial mengingat sebagai warga masyarakat ia mempunyai ciri warga yang baik. Agar pendidikan dalam praktek terbebas dari keragu-raguan, maka objek material Ilmu Pendidikan dibatasi pada manusia seutuhnya di dalam fenomena atau situasi pendidikan. Hal ini berarti ruang lingkup manusia seutuhnya ini dalam kedudukannya sebagai peserta didik, baik secara individu maupun kelompok (sosial), sehingga batasan manusia seutuhnya ini dalam konteks pendidikan.
b. Status Ilmu Pendidikan
Dalam hubungannya dengan kelompok ilmu lainnya, Ilmu Pendidikan terdapat beberapa perbedaan pendapat diantara pada ahli mengenai status Ilmu Pendidikan tersebut. Dalam hal ini dapat dilihat dari pendapat para ahli (Mudyahardjo, 2004:28-41), yakni sebagai berikut :
1) Aristoteles, menempatkan secara tersirat Ilmu Pendidikan tergolong pada cabang Ilmu-Ilmu Praktis .
2) Francois Bacon, menempatkan Ilmu Pendidikan terkandung di dalam Filsafat Humanitatis, bukan Teologi Naturalistik maupun Filsafat Alam.
3) Agus Comte, menempatkan Ilmu Pendidikan merupakan bagian integral dari Ilmu Moral, yang merupakan satu perpaduan semua konstruksi ilmiah sehingga merupakan bentuk ilmu yang tertinggi.
4) Herbert Spencer, menempatkan secara tersirat, Ilmu Pendidikan yang otonom tergolong dalam cabang Ilmu Kongkret Organik dan Filsafat Pendidikan Naturalistik .
5) Horne, menguraikan bahwa studi pendidikan mencakup 4 (empat) macam, yaitu : (1) Sejarah Pendidikan; (2); Filsafat Pendidikan; (3) Praktek Pendidikan; dan (4). Ilmu Pendidikan itu sendiri.
2. Landasan Epistemologis Ilmu Pendidikan
Landasan Epistemologis di dasarkan pada pertanyaan mendasar tentang ”bagaimanakah mendapatkan pengetahuan yang benar?”. Epistemologi atau teori pengetahuan, membahas secara mendalam segenap proses yang terlibat dalam usaha untuk memperoleh pengetahuan. Ilmu merupakan pengetahuan yang diperoleh melalui metode keilmuan (Suriasumantri, 2003:9).
Dengan demikian landasan epistemologis Ilmu Pendidikan berusaha menjawab pertanyaan bagaimana mendapatkan pengetahuan tersebut dengan benar? atau bagaimana penggarapan objek Ilmu Pendidikan tersebut menjadi pengetahuan yang benar?.
a. Pola organisasi Ilmu Pendidikan dan cabang-cabangnya
Obyek kajian Ilmu Pendidikan sebagaimana yang dikemukakan pada uraian sebelumnya sangatlah luas, baik obyek formal maupun obyek materialnya. Ilmu Pendidikan sebagaimana keseluruhan cabang-cabang Ilmu Pendidikan mempunyai obyek berupa pendidikan sebagai salah satu bentuk gejala kehidupan manusia. Karena luasnya bidang Pendidikan yang menjadi obyek formal Ilmu Pendidikan maka untuk menspesifikkan pengkajian terhadap obyek tersebut, dilakukan pengorganisasian (kalsifikasi) hal-hal yang menjadi obyek material Ilmu Pendidikan menjadi cabang-cabang Ilmu Pendidikan. Jadi, setiap cabang-cabang Ilmu Pendidikan mempunyai obyek formal yaitu pendidikan, sedangkan obyek materialnya berupa salah satu aspek dari cabang ilmu pendidikan itu sendiri setelah diklasifikasikan menjadi obyek kajian yang lebih spesifik.
Dengan demikian, pola organisasi Ilmu Pendidikan terhadap obyek materialnya ini meliputi keseluruhan kegiatan yang terpadu dari semua satuan dan kegiatan pendidikan yang berkaitan satu dengan lainnya untuk mengusahakan tercapainya tujuan pendidikan (dalam makna pendidikan secara makro). Demikian pula Ilmu Pendidikan juga meliputi kegiatan pendidikan secara keseluruhan atau suatu bentuk kegiatan pendidikan dari satu atau beberapa lembaga pendidikan (dalam makna pendidikan secara mikro). Obyek material inilah yang kemudian menjadi dasar untuk membedakan antara cabang Ilmu Pendidikan yang satu dengan yang lainnya.
Jika ditinjau dari keluasan obyek materialnya ini, maka pola organisasai Ilmu Pendidikan terhadap obyek yang menjadi penelaahannya dapat dibedakan menjadi Ilmu Pendidikan Makro dan Ilmu Pendidikan Mikro (Mudyahardjo, 2004:84).
2) Ilmu Pendidikan Makro, yang merupakan Ilmu Pendidikan yang mempelajari keseluruhan yang terpadu dari semua satuan dan kegiatan pendidikan yang berkaitan satu dengan lainnya untuk mengusahakan tercapainya tujuan nasional.
Kelompok ini mencakup antara lain :
a) Ilmu Pendidikan Administratif
b) Ilmu Pendidikan Komparatif
c) Ilmu Pendidikan Historis
d) Ilmu Pendidikan Kependudukan
3) Ilmu Pendidikan Mikro, merupakan Ilmu Pendidikan yang menyelidiki satuan pendidikan atau kegiatan pendidikan secara keseluruhan atau hanya satu satuan atau suatu bentuk kegiatan pendidikan.
Kelompok ini mencakup antara lain :
a) Ilmu Mendidik Umum, antara lain : (1) Pedagogik Teoritis; (2) Ilmu Pendidikan Psikologis; (3) Ilmu Pendidikan Sosiologis; (4) Ilmu Pendidikan Antropologis; dan (5) Ilmu Pendidikan Ekonomis.
b) Ilmu Mendidik Khusus, antara lain : (1) Ilmu Persekolahan; (2) Ilmu Pendidikan Luar Sekolah; dan (3) Ilmu Pendidikan Luar Biasa.
Demikian pula, Ilmu Persekolahan dibagi lagi menjadi obyek kajian yang lebih spesifik, yakni Ilmu Administrasi Sekolah, Ilmu Administrasi Kelas, dan Ilmu Kegiatan Pendidikan Sekolah. Ilmu Kegiatan Pendidikan Sekolah dibagi lagi menjadi Ilmu Bimbingan, Ilmu Pengajaran, dan Ilmu Kepelatihan. Demikian seterusnya, Ilmu Pengajaran juga dibagi lebih cabang Ilmu Pendidikan yang lebih spesifik lagi.
Ilmu Pendidikan Luar Sekolah dibagi lagi menjadi Pedagogik Keluarga, Pedagogik Taman Kanak-kanak, dan Ilmu Pendidikan Masyarakat. Sedangkan Ilmu Pendidikan Luar Biasa (Orthopedagogik) dibagi menjadi Orthopedagogik Fisik dan Orthopedagogik Mental.
b. Metodologi Riset dalam Ilmu Pendidikan
Ilmu Pendidikan dibangun melalui berbagai riset pendidikan. Riset merupakan metoode kerja yang digunakan para ahli dalam membangun Ilmu Pendidikan. Riset dan Metode Ilmiah kadang0kadang diergunakan sebagai sinonim dalam pembahasan tentang pendidikan. Baik riset maupun metode ilmiah merupakan metode pemecahan masalah yang mengacu pada berfikir reflektif. Berfikir reflektif artinya berfikir menemukan masalah serta mmecahkannya melalui kegiatan-kegiatan secara bertahap. Riset adalah serangkaian kegiatan yang lebih sistematis tertuju ada penemuan dan pengembangan sebuah sosok pengetahuan yang terorganisasi (Mudyahardjo, 2004:95).
Metode-metode riset pada umumnya dan pendidikan pada khusunya meletakkan dasar riset pada penggunaan metode induksi dan metode deduksi dalam menyusun batang tubuh ilmu. Dengan demikian, maka metodologi Ilmu Pendidikan harus dapat dilihat dari riset kualitatif dan riset kuantitatif.
1) Riset kualitatif Ilmu Pendidikan
Riset Kualitatif merupakan sekumpulan metode-metode pemecahan masalah yang terencana dan cermat dengan desain yang cukup longgar, pengumpulan data lunak, dan tertuju pada penyusunan teori yang disimpulkan melalui induktif langsung. Desan dalam Riset Kualitatif tidak dirumuskan secara ketat terhadap variabel penelitiannya, sehingga bersifat berkembang, lentur, dan umum. Riset Kualitatif adalah Deskriptif, dalam arti yang dikumulkan lebih meruakan kata-kata atau gambar-gambar dariada angka-angka (Mudyahardjo, 2004:147).
Selanjutnya Mudyahardjo, (2004:158-163) mengemukakan bahwa metode-metode riset kualitatif yang digunakan untuk menyusun Ilmu Pendidikan, antara lain mencakup :
a) Metode fenomenologi
Metode fenologi adalah metode yang bermula dari gejala sebagaimana adanya, kemudian melakukan reduksi eiditis (menghilangkan semua yang berkenaan dengan subyektivitas peneliti dan reduksi transenden (menghilangkan semua hal tidak bermakna yang melekat dalam gejala) agar dapat menemukan eidos atau hakikat yang menjadi makna sebenarnya dari gejala-gejala. Menurut Psathas (dalam Mudyahardjo, 2004:159), riset kualitatif pendidikan berkenaan dengan orang yang sedang belajar, yang bertujuan dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan : (1) apakah yang sedang mereka alami; (2) bagaimanakah mereka menginterpretasikan pengalaman tersebut; dan (3) bagaimanakah mereka sendiri menstrukturkan dunia kehiduan mereka.
Sedangkan menurut Langeveld (dalam Mudyahardjo, 2004:159), pendidikan merupakan gejala yang terdapat dalam pergaulan antara anak dengan orang dewasa. Dalam situasi pergaulan tersebut, terdapat unsur-unsur : (1) anak sebagai si terdidik; (2) orang dewasa sebagai pendidik; (3) hubungan kewibawan pendidikan; (4) penciptaan situasi dan kegiatan pendidikan sebagai alat pendidikan; (5) lingkungan hidup bersama sebagai lingkungan pendidikan; dan (6) kedewasaan sebagai tujuan pendidikan.
b) Metode komparatif
Metode komparatif dalam pendidikan terdiri atas 4 (empat) langkah, yaitu : (1) deskrepsi, yaitu pengumpulan secara sistematik tentang informasi pendidikan di beberapa dunia; (2) interpretasi, yaitu analisis latar belakang sosio-kultural pendidikan dari setiap negara yang akan dibandingkan; (3) penjajaran, yaitu pengkajian secara serempak beberapa sistem pendidikan untuk menentukan persamaan-persamaan dan perbedaan-perbedaan secara linier; dan (4) perbandingan secara keseluruhan antara sistem-sistem pendidikan yang dibandingkan.
c) Metode historis
Metode historis dalam pendidikan berkenaan dengan penggambaran apa yang telah terjadi dalam dunia pendidikan selama kurun waktu tertentu.
d) Metode interaksi simbolik
Metode interaksi simbolik dalam pendidikan merupakan metode riset yang bertujuan memahami makna tingkah laku interaktif dalam pendidikan, dengan jalam memahami definisi-definisi dan proses interaksi yang terjadi dalam penyusunan definisi-definisi tersebut.
e) Metode etnografis
Metode etnografis pendidikan bertujuan menyusun sebuah deskrepsi penuh arti tentang jaringan hubungan, kegiatan-kegiatan, dan keyakinan pihak-pihak yang terlibat dalam lingkungan-lingkungan pendidikan.
f) Etnometodologi
Etnometodologi tidak berkenaan dengan metode-metode yang digunakan dalam penyelidikan untuk mengumpulkan data, tetapi lebih berkenaan dengan pokok masalah yang menjadi penyelidikan. Etnometodologi berkenaan dengan studi bagaimana individu-individu menciptakan dan memahami kehidupan mereka sehari-hari, atau metode mereka memenuhi kehidupan sehari-hari.
2) Riset kuantitatif Ilmu Pendidikan
Riset Kuantitatif merupakan metode pemecahan masalah yang terencana dan cermat, dengan desain yang terstruktur ketat, pengumpulan data secara sistematis terkontrol, dan tertuju pada penyusunan teori yang disimpulkan secara induktif dalam kerangka pembuktian hipotesis secara empiris. Pola pengumpulan data dalam riset kuantitatif merupakan cara kerja dalam bentuk pengukuran sistematis (pengukuran terencana). Hal ini berarti pengukuran tersebut didasarkan ada disain terencana, yang terutama jelas menggambarkan batas-batas variabel yang akan diteliti, jaringan hubungannya, menggunakan alat ukur yang valid dan reliabel.
Pelaksanaan riset kuantitatif dilakukan dalam bentuk pengukuran kuantitatif terprogram (sistematis), yang memiliki karakteristik antara lain (Mudyahardjo, 2004:166):
a. Pengukuran dilakukan terhadap skala-skala : ordinal, interval, dan rasio yang menghasilkan data dalam bentuk angka (proses kuantifikasi),
b. Pengukuran dilakukan dengan menggunakan instrumen yang teat (valid) dan dipercaya (reliable),
c. Pengukuran dilakukan terhadap sampel yang menjadi sumber data, yang telah ditetapkan secara acak atau rekomendasi,
d. Pengukuran dilakukan melalui pemberian perlakuan tertentu untuk mengetahui akibat-akibatnya atau eksperimentasi yang murni atau rekaan.
Riset kuantitatif dilaksanakan dengan menggunakan metode eksperimental. Metode ekperimental berkenaan dengan gejala tentang sebab akibat. Metode eksperimental (dari segi desainnya) dibedakan menjadi 4 (empat) kelompok yaitu : (1) Desain-desain Pra-Eksperimental, (2) Desain-desain Eksperimental yang Sesunguhnya, (3) Desain-desain Eksperimental Rekaan, dan (4) Desain Korelasional dan Sebab Terbalik.
Perkembangan penggunaan metode eksperimen dan kecendrungan fungsionalisme dalam psikologi, yang antara lain mendorong kepada penyelidikan, yang pada gilirannya mendorong lahirnya psikologi pendidikan yang didasarkan pada penyelidikan eksperimental. Pada awal perkembangannya psikologi pendidikan memusatkan perhatian ada masalah proses belajar, baru setelah pertengahan abad 20 penyelidikan dalam psikologi dicurahkan pada masalah mengajar. Kemajuan psikologi pendidikan dalam menggunakan metode ekserimen berpengaruh pula terhadap perkembangan sosiologi pendidikan. Hal ini memberi pengaruh yang kuat pada pengembangan ilmu-ilmu pendidikan, termasuk sosiologi pendidikan, administrasi pendidikan, ekonomi pendidikan, dan sebagainya.
Jadi dalam hal riset kuantitatif, Ilmu Pendidikan tidak membangun dirinya sendiri sebagai suatu disiplin ilmu sendiri yang mengembangkan riset kuantitatif, melainkan juga didasarkan pada cabang-cabang ilmu lainya. Keragaman dalam pola pengamatan dan pola penyusunan konseptual dalam riset dapat lebih memperkaya pembendaharaan Ilmu Pendidikan sebagai salah satu bentuk teori pendidikan. Implikasinya dapat memperluas dan memperdalam pemahaman tentang pengertian pendidikan. Dengan kata lain, keragaman hasil-hasil riset tersebut memerluas dan memerdalam sekema-sekema konseptual dan isi konsep-konsep pendidikan.

c. Ilmu Pendidikan teoritis dan praktis
Selain yang telah dikemukakan di atas, sebagaimana yang kemukakan oleh Sudjana (2007:9) Ilmu Pendidikan juga dibagi dalam cakupan Ilmu Pendidikan Teoritik dan Ilmu Pendidikan Praktik. Ilmu Pendidikan Teoritik terdiri atas kajian-kajian pendidikan ditinjau dari nilai-nilai dan prinsip agama, filsafat, ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan social, dan humaniora. Sedangkan Ilmu Pendidikan Praktik mencakup ilmu pengetahuan normative dan finalistic. Ilmu pengetahuan normative berkaitan dengan kajian norma-norma sebagai standart yang digunakan dalam pendidikan, sedangkan ilmu pengetahuan finalistic mengkaji hasil akhir pendidikan dalam bentuk keluaran (output) maupun pengaruh (outcome) bagi peserta didik dalam lingkungannya. Dalam ilmu pendidikan praktik termasuk pula pendidikan terapan. Ilmu pendidikan terapan mengkaji aplikasi ilmu pendidikan untuk memenuhi kebutuhan tertentu. Ilmu pendidikan ini dapat disusun berdasarkan (1) usia perkembangan peserta didik; (2) kebutuhan individu, kelembagaan, dan masyarakat.

d. Keterkaitan Ilmu Pendidikan dengan ilmu-ilmu lainnya
Dewantara (Dalam Djudju Sudjana, 2007:13) bahwa pendidikan yang teratur bersandar atas pengetahuan, yang dinamakan Ilmu Pendidikan. Ilmu ini tidak berdiri sendiri, akan tetapi masih memakai ilmu-ilmu yang lainnya, yang dinamakan ilmu syarat-syarat pendidikan atau hulpwetenschappen yang terbagi mejadi lima jenis, yaitu:
1) Ilmu Hidup-Batin Manusia (ilmu jiwa, psychologie)
2) Ilmu Hidup Jasmani (physiologie)
3) Ilmu Keadaban dan Kesopanan (ethika atau moral)
4) Ilmu Keindahan atau Ketertiban Lahir (aesthetika), dan
5) Ilmu Tambo Pendidikan (ikhtisar tentang mekanisme pendidikan).
Berkat dukungan Ilmu Pendidikan, berkembanglah pendidikan disiplin ilmu, yaitu pendidikan disiplin dan subdisiplin ilmu pengetahuan alam, pendidikan disiplin dan subdisiplin Ilmu pengetahuan sosial, serta pendidikan disiplin dan subdisiplin ilmu humaniora. Sebaliknya, baik ilmu pendidikan teoritik maupun ilmu pendidikan praktik memperoleh dukungan kuat dari ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan social, ilmu pengetahuan humaniora.
Keterkaitan antara Ilmu Pendidikan dengan ilmu-ilmu lainnya dapat diuraikan sebagai berikut :
1) Keterkaitan Ilmu Pendidikan dengan Ilmu Pengetahuan Alam
Ilmu pengetahuan alam, terutama biologi (biotic,flora dan fauna), fisika (abiotik, musim, cuaca, lokasi, energi). Ilmu pengetahuan alam mendukung mendukung pendidikan dalam mempelajari menggunakan lingkungan hayati, non hayati, buatan dalam bentuk suatu kebijakan dan program-program. Mendukung dalam masukan lingkungan (environmental input) system pendidikan sebagai ilmu pengetahuan praktis. Dukungan yang lebih mendasar berupa metode ilmiah, yaitu cara berpikir dan cara mengembangkan ilmu melalui pengamatan, nalar, dan eksperimen.
2) Keterkaitan Ilmu Pendidikan dengan Ilmu Pengetahuan Sosial
Ilmu pengetahuan social, mendukung dalam mengkaji aspek-aspek perilaku manusia yang terlibat dalam pendidikan, seperti individu, kelompok, dan lingkungannya. Sejarah membantu memahami keadaan masa lampau, masa sekarang, dan masa akan datang. Antropologi membantu mempelajari ciri biologis manusia (antropologi ragawi), benda-benda purbakala (archeology), bahasa (linguistics), serta struktur social dan budaya kelompok (social anthropology). Anthropologi sosial membantu mempelajari struktur social kehidupan kelompok untuk memahami status social, pola kekuasaan, peluang-peluang dalam kelompok. Setiap masyarakat memiliki stratifikasi social berdasarkan perbedaan usia, kekerabatan, suku bangsa, kelompok kekuasaan, pekerjaan pranata social dan sebagainya.
3) Keterkaitan Ilmu Pendidikan dengan Ilmu Ekonomi
Ilmu ekonomi, membantu mempelajari cara masyarakat untuk menyebarkan dan menggunakan sumber-sumber kehidupan yang relative terbatas kepada kelompok yang membutuhkan. Kajian terhadap pasar dan harga kunci penyebaran sumber. Kajian pemilikan kekayaan dan pemanfaatannya berkaitan dengan kegiatan ekonomi. Kajian dalam mengembangkan prinsip ekonomi dalam pengembangan pendidikan yang berorientasi pada pengembangan ekonomi.


4) Keterkaitan Ilmu Pendidikan dengan Ilmu Politik
Ilmu politik, membantu mengkaji pola-pola kekuatan kekuasaan, dominasi, dan perangkat politik yang ada di masyarakat mencakup dua hal. Pertama, berupa perjuangan kekuatan antara pihak yang ingin mempengaruhi, mempertahankan, mengubah pranata. Kedua, hukum yang berlaku meliputi peraturan pemerintah, peraturan antar lembaga pemerintah, dan antara pemerintah dengan masyarakat. Dapat dikembangkan ilmu pendidikan berdasar kajian kehidupan berpolitik, kebijakan dan peratuaran yang berlaku, aparatur pemerintah, mekanisme politik , dan kaitan antar bangsa.
5) Keterkaitan Ilmu Pendidikan dengan Ilmu Sosiologi
Sosiologi, membantu mengkaji kehidupan berkelompok dan proses sosialisasi, yakni cara seseorang menjadi warga suatu kelompok. Mengkaji pula ciri-ciri alamiah manusia serta hubungan antar manusia yang dipengaruhi alam, ilmu pengetahuan, dan teknologi dalam lingkungan keluarga, desa, kota,dan komunitas.
6) Keterkaitan Ilmu Pendidikan dengan Ilmu Psikologi
Psikologi, membantu mempelajari aspek-aspek psikologis individu dalam interaksinya dengan lingkungan. Psikologi sosial mengkaji aspek-aspek social individu dan bentuk tingkah laku kelompok yang menumbuhkan gerakan masyarakat sebagai respon terhadap rangsangan social. Tiga titik berat kajian (1) pengaruh social terhadap individu adalah persepsi, minat, motivasi, dan proses belajar; (2) proses individual bersama seperti solidaritas dan sikap lainnya; (3) interaksi kelompok seperti kepemimpinan,kerjasama, dan konformitas.
7) Keterkaitan Ilmu Pendidikan dengan Ilmu Humaniora
Ilmu humaniora, mendukung dalam mengkaji nilai-nilai budaya, kehidupan rohaniah manusia, pengalaman manusia yang berupa karya, berbagai upaya manusia menjelaskan makna kehidupan dibantu kajian agama dan filsafat.

C. SIMPULAN
Dari uraian di atas, maka dapat ditarik beberapa kesimpumpulan sebagai berikut :
1. Ilmu Pendidikan sebagai pengetahuan keilmuan memiliki hakikat substansi/ obyek kajian yang jelas yakni pendidikan itu sendiri (obyek formal), dan manusia seutuhnya dalam kedudukannya sebagai peserta didik (obyek material). Namun demikian, status Ilmu Pendidikan masih kurang jelas, karena belum tercantum secara jelas (tersurat) dalam klasifikasi ilmu. Demikian pula, untuk memahami pendidikan yang baik diperlukan banyak ilmu bantu yang harus dikuasai, yaitu seperti ilmu tentang manusia, yang tidak hanya terbatas pada psikologi, melainkan juga biologi manusia, fisiologi, sosiologi, antropologi, dan lain-lainnya.
2. Penggarapan objek Ilmu Pendidikan tersebut menjadi pengetahuan yang benar telah menunjukkan eksistensi Ilmu Pendidikan pengetahuan keilmuan, karena telah menggunakan cara berfikir menurut persyaratan keilmuan, yakni :
a. Memiliki pola organisasi obyek-obyek kajian formal dan materialnya secara jelas dan spesifik menjadi cabang-cabang Ilmu Pendidikan,
b. Ilmu Pendidikan dibangun melalui berbagai riset pendidikan, yang meletakkan dasar riset pada penggunaan metode induksi dan metode deduksi dalam menyusun batang tubuh ilmu. Metodologi Ilmu Pendidikan secara kualitatif telah menjukkan penalaran yang benar, walaupun pada riset kuantitatif Ilmu Pendidikan masih banyak bergantung pada cabang-cabang ilmu lainya.

D. SARAN
Dari uraian tulisan ini, dapat disampaikan saran sebagai berikut :
1. Hendaknya kajian filosofis tentang Ilmu Pendidikan maupun ilmu-ilmu lainya selalu dilakukan secara menyeluruh, mendasar, dan spekulatif, sehingga dengan demikian akan dapat membuka cakrawala berfikir untuk yang mendalam bagi setiap ilmuan maupun praktisi pendidikan untuk dapat berkata jujur tentang apakah suatu ilmu telah mencakup pengetahuan yang benar, serta dapat mengevaluasi terhadap apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan ilmu, termasuk di dalamnya Ilmu Pendidikan.
2. Agar dapat memahami Ilmu Pendidikan dengan baik, maka diperlukan ilmu bantu yang harus dikuasi, yakni terutama ilmu-ilmu tentang manusia, karena walaupun Ilmu Pendidikan merupakan ilmu yang bersifat otonom, namun secara khusus sering memanfaatkan hasil kajian ilmu-ilmu lainnya.

DAFTAR BACAAN

Mudyahardjo, Redja. Filsafat Ilmu Pendidikan, Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Pidarta, Made. 2007. Wawasan Pendidikan. Surabaya: Unesa University Press.
Rasyidin, Waini. 2007. Pendidikan sebagai Ilmu. Artikel: Rujukan Filsafat, Teori dan Praksis Ilmu Pendidikan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia Press
Rasyidin, Waini. 2007. Ilmu Pendidikan Teoritik. Artikel: Rujukan Filsafat, Teori dan Praksis Ilmu Pendidikan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia Press
Rasyidin, Waini. 2007. Perbedaan Filsafat Pendidikan dengan Ilmu Pendidikan. Artikel: Rujukan Filsafat, Teori dan Praksis Ilmu Pendidikan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia Press
Ravertz, Jerome R. 2007. Filsafat Ilmu, Sejarah & Ruang Lingkup Bahasan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sudjana, Djudju. 2007. Perkembangan Ilmu Pendidikan dan Keterkaitannya Dengan Ilmu-ilmu Lain. Artikel: Rujukan Filsafat, Teori dan Praksis Ilmu Pendidikan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia Press
Suriasumantri, Jujun S. 2003. Filsafat Ilmu. Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan
Suriasumantri, Jujun S. 2003. Ilmu Dalam Persektif, Sebuah Kumpulan Karangan Tentang Hakikat Ilmu. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia






1 komentar: